Jumat, 20 Mei 2022

tugas uts kwu

 

PENDAHULUAN

1.      LATAR BELAKANG

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komiditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Para mahasiswa dan pekerja sangat identik dengan yang namanya suntuk, galau, resah, dan gelisah, baik karena tugas, organisasi, meeting, dan pihak-pihak lain yang bersangkutan. Saat ini menikmati kopi tidak hanya merupakan sekedar kebutuhan tetapi sudah menjurus ke arah gaya hidup yang banyak dijalani oleh para kaum muda maupun kalangan eksekutif,oleh karena itu saya membuka coffee talk diperuntukan bagi segala kalangan baik mahasiswa maupun pekerja untuk  refreshing dari penatnya berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai dengan di temani secangkir kopi merupakan moment yang pas untuk nongkrong dan berbagi cerita bersama teman, kolega, konsumen, pasangan, dan lain-lain.

Bisnis ini didirikan karena kegemarana dan kecintaan saya kepada kopi dan nongkrong di coffe shop. Coffe talk yang aka didirikan di wilayah tangerang sebrang kampus ESA UNGGUL citra raya, dengan konsep nongkrong hemat, sehat dan bermanfaat. Dengan harga yang bersahabat di kalangan mahasiswa dan memberikan berbagai fasilitas kepada pengunjung sepeti fasilitas alat musik, panggung, wifi, ruangan yang nyaman dan bersih dan mini liblary. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh pengunjung terutama bagi mahasiswa.

Coffee talk didirikan untuk kalangan muda yang gemar akan berbagai varian kopi dari yang original sampai americano, dan bagi kalangan muda dan pekerja yang membutuhkan tempat meeting, bersantai, mengerjakan tugas, maka coffe talk adalah tempak yang sangat di rekomendasikan dan menjadi solusi dalam memilih tempat.

1.1   Problem

Berdasarkan survey yang saya lakukan Pada saat ini banyak orang yang menginginkan sebuah tempat nongkrong/ hangout, meeting, nugas, yang cozy dan sesuai selera mereka, terutama kalangan pelajar dan mahasiswa. Para mahasiswa identik dengan namanya suntuk,galau, resah, gelisan baik karena tugas yang numpuk, organisasi, dosen , dan pihak lain yang bersangkutan. Maka dari pada itu saya membuka coffee talk di rancang untuk kalangan anak muda dan mahasiswa untuk refreshing dari penatnya berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai dengan di temani secangkir kopi merupakan momen yang pas dan hangat untung nongkrong atau bersantai dan berbagi keluh kesah bersama teman, pasangan dan lain lain.

 

1.2   Solution

Maka dari itu saya akan membuat coffe shop dengan pembuatan yang berbeda agar orang yang menyukai minuman ini tidak merasa bosan karena banyaknya kalangan masyarakat yang menyukai minuman ini, maka saya akan berusaha memberikan kualitas danmutu yang baik yang harganya relatif murah bagi semua kalangan masyarakat. Dengan harga yang bersahabat kedai kopi ini memberikan berbagai fasilitas khususnya buku bacaan untuk menemani pengunjung yang gemar membaca baik fiksi maupun non-fiksi. Kami memilih buku sebagai fasilitas utama dalam perusahaan ini karena mengingat minat baca para anak muda jaman sekarang ini menurun, dan Kami berharap dengan adanya kedaikopi ini bisa meningkatkan minat baca Mereka.

1.3   Opportunity

Coffee talk didirikan untuk kalangan muda yang gemar akan berbagai varian kopi dari yang original sampai americano, dan bagi kalangan muda dan pekerja yang membutuhkan tempat meeting, bersantai, mengerjakan tugas, dan membaca buku maka coffe talk adalah tempak yang sangat di rekomendasikan dan menjadi solusi dalam memilih tempat.

 

2. analisis internal dan eksternal

2.1 analisis VRIO coffe talk

Resources or capability

valuable

Rare

Inimitable

Organized

Competitive implication

Costoumer service

Yes

No

No

yes

Temporary advantage

Selling skill

yes

No

No

No

Un used advantage

Reputation

Yes

Yes

Yes

yes

Sustain advantage

Comitmen

yes

yes

yes

yes

Sustain advantage

 

 

2.2 ANALISIS SWOT COFFE TALK

A. strenght ( kekuatan )

                Harga terjangkau

Harga terjangkau merupakan salah satu strategi perusahaan saya penjualan dengan harga terjangkau, harga yang mampu di raih semua kalangan. Apabila anak sekolah atau mahasiswa yang mendapatkan uang saku yang terbatas dari orang tua mereka, maka jika mereka ingin sekedar bersantai atau mengerjakan tugas maka coffee talk adalah tempat yang tepat karena kami menyajikan minuman dan makanan ringan dengan harga yang murah sekitar Rp.10.000 sampai Rp.25.000 dan bisa menggunakan fasilitas wifi.

                Kualitas produk

Selain harga yang terjangkau saya pastinya memberikan kualitas yang terjamin dengan baik, sumber bahan baku yang saya proleh dari produsen kopi dan minum- minuman yang sudah terjamin dari kesehatan maupun kebersihan produk.

                Fasilitas

Kenyamanan konsumen akan di capai jika fasilitas yang di berikan secara lengkap, maka daripada itu menjadi prioritas usaha saya. Di coffee talk memberikan fasilitas parkiran yang luas dan aman, seluruh area coffe talk free wifi, mushola bagi umat muslim yang ingin menjalankan ibadah shalat kamar kecil secara terpisah untuk perempuan dan laki laki, rak rak buku, suhu ruangan yang terjaga.

Tempat

Kebersihan coffe talk saya menjamin kebersihan di setiap sudut lokasi, karena coffe talk mempunya moto kebersihan sebagian dari pada iman. Dan service kebersihan meja yang cepat sehingga tidak menggangu konsumen lain yang sedang menikmati kopi dan makanan mereka.

Pelayanan

Kepuasan konsumen merupakan prioritas kami. Dengan service whit love kami akan menjamin kualitas pelayanan kami dalam menyediakan produk harus rapih, bersih, cepat, tepat dan enak. Dan kami akan selalu berusaha memberikan kepuasan pelanggan meski permintaan nya aneh aneh.

Lokasi

Saya memilih tempat di wilayah tangerang lokasi sebrang kampus esa unggul citra, yang mana lokasi ini cukup strategis, akses tranfortasi umum,mudah di temukan, dan ramai dengan aktifitas mahasiswa.

b. weaknes ( kelemahan )

                keadaan bahan baku

banyaknya bahan baku makanan yang kurang berkualitas dari kesehatannya, maka saya harus selalu menyeleksi bahan baku yang akan saya gunakan untuk kualitas produksi saya. Pada saat ini banyak orang yang mementingkan diri sendiri dengan cara menipu orang lain untuk mendapatkan untung yang sebesar besarnya sehinggan menyulitkan saya untuk mendapatka produsen bahan baku yang berkualitas.

c. oportunities ( peluang )

·         banyaknya pecinta kopi di kalangan masyarakat khususnya kalangan mahasiswa dan anak muda.

·         Tingginya tingkat konsumsi berbagai jenis kopi.

·         Permintaan pasar yang terus meningkat

·         Perkembangan teknologi informasi

·         Belum banyak kedai kedai kopi di area sekitar

·         Kopi ala caffe sedang tren

d. threats ( ancaman )

ancaman atau hambatan yang dapat membuat coffe talk ini tidak berhasil seperti para kompetitor dimana akan ada banyak coffe shop yang akan di bangun dengan harga, menu minuman dan menu makanan yang bersaing.

                1. variant menu/rasa

2. harga

3.management

4.kualitas kopi

 

2.3 analysis PEST coffe talk

Political

·         Stabilitas pemerintah

·         Birokrasi

·         Regulasi

·         Kebijakan pajak

Economic

·         Tingkat pertumbuhan

·         Inflasi

·         Nilai tukar

·         Cuaca

sosial

·         Kesadaran kesehatan

·         Tingkat pendidikan

·         Sikap terhadap kualitas pelayanan terhadap konsumen

 

Technological

·         Perubahan teknologi

·         Penetrasi internet

·         UU tentang teknologi

·         Infrastruktur teknologi

3. ANALISIS KONSUMEN COFFE TALK

3.1 STP

SEGMENTASI

                Dalam segi demografis untuk kopi ini sendiri sudah banyak sekali peminatnya tetapi kedai kopi ini berbeda, mungkin jika para pencinta kopi sudah bosan dengan suasana ngopi disini kami menyediakan tempat yang berbeda dan kami menyediakan buku gratis untuk dibaca . dalam segi demografis saat ini mungkin akan membuat satu kedai kopi tapi setelah itu saya akan memperluas cabang kedai kopi ini untuk di daerah daerah besar agar para pencinta kopi bisa menikmati dan merasakan kenyamanan dalam meminum kopi.

TARGETING

target konsumen

target pasar untuk coffe talk ini adalah semua kalang yang mencintai nikmatnya rasa kopi mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran. semua kalangan bisa meminum coffe ini karna kita akan racik senikmat mungkin.

Target pasar

Target pemasaran saya adalah  tahap awal kami akan menargetkan pasar di area kampus. Area kampus dipilih karena dosen serta mahasiswa umumnya pada jam kuliah siang sudah tidak terlalu bersemangat seperti saat pagi hari. Selain itu, dengan berbagai macam tugas terkadang membuat mahasiswa membutuhkan kopi untuk membantu agar tidak mengantuk. Kemudian masyarakan umum dari menengah kebawah sampai menengah keatas karna disini kami ingin memanjakan para pencinta kopi dengan rasa yang nikmat tentu juga hemat. Karena di coffe shop saya menyediakan beberapa ukuran gelas yang kami sajikan mulai dari small, medium sampai large. Harga untuk menu kopi saya mulai dari Rp. 10.000 dengan ukuran small, Rp. 15.000 untuk ukuran medium dan Rp. 20.000- 30.000 untuk ukuran large.

Target promosi

Seiring dengan majunya perkembangan jaman dan meningkatnya jumlah pengguna internet di berbagai belahan dunia, tentunya kami akan memanfaatkan facebook, twitter, dan YouTube untuk memperkenalkan brand produk atau merek coffe shop kami di dunia maya. Dan juga kami akan mengadakan sebuah kompetisi melalui situs jejaring sosial. kompetisinya adalah kami tantang konsumen untuk berlomba-lomba menjadi yang pertama dalam memposting foto menu minuman yang ada di tempat kami pada Twitter dengan mencantumkan nama kedai kopi kami pemenangnya akan kami beri gratis minum kopi di coffe shop kami.

Position

                Nongkrong hemat, nikmat tapi sehat. Yang artinya para consumen bisa nongkrong dan bersantai dengan merasakan nikmatnya kopi tanpa haruh mengeluarkan budget yang mahal tetapi bermanfaat bagi kesehatan juga tidak hanya itu konsumen pun akan mendapatkan fasilitas free wifi, live music dan memberikan buku bacaan yang dapat menghilangkan rasa penat setelah melakukan aktifitas.  

3.2 CUSTOMER PERSONA

Target usaha kami merupakan masyarakat umum, mahasiswa, dan staf kampus esa unggul. Dari tujuan target pasar kami mempunyai masalah atau kendala pada tempat yang nyaman untuk bersantai atau menyelesaikan tugas, maka dari pada itu saya memberikan solusi dari permasalahan yang di alami oleh target pasar saya dengan coffe talk tempat yang dapat memberikan suasana santai dan nyaman untuk mengerjakan tugas.

Berikut customer persona coffe talk












3.3 EARLY ADOPTER

Karakterristik pelanggan baru adalah sangat rentan yang artinya sangat berpengarus pada minat pasar kami, maka dari pada itu saya akan selalu memberikan pelayanan dan fasilitas yang terbaik dari crew kami,

4. COSTUMER VALUE PROPOSITION

Di Coffe talk value yang kami berikan kepada pelanggan berupa kesenangan, kenikmatan, kemudahan dan kenyamanan

5. LEAN MODEL CANVAS COFFE TALK

KEY PARTNERS

Petani kopi area bogor

Middle man(pengepul) kopi

Pemilik toko oleh-oleh dikota bogor

Bake-shop

KEY ACTIVITIES

Pembelian hasil panen kopi dari petani/middle man kopi

Pemilihan buah kopi

Pengolahan menjadi produk setengah jadi dan produk siap

KEY RESOURCES

Modal Finansial

Bahan baku

Tenaga Kerja(SDM)

 

Store

Alat pengolahan

 

VALUE PROPOSITIONS

Produk murni

Memiliki ciri khas rasa yang berbeda

Harga bersaing

Memberikan efek rileks

Peracikan produk baru

Penyuguhan suasana baru dan unik

Mini liblary

 

CUSTOMER SEGMENTS

Remaja milenial

Mahasiswa

Pekerja kantor

Wisatawan lokal

Masyarakat lokal dan perkotaan

Pecinta kopi

Dosen

 

CUSTOMER RELATIONSHIP

Diskon dan promo

Membership card

 

CHANNELS

E-commerce

Media social Instagram, Twitter, dan you tube)

 

COST STRUCTURE

Bahan baku

Upah pegawai

Budget live music

Proses pengolahan produk

Biaya marketing

Biaya kemasan dan packaging

Biaya operasional

Biaya pembaruan buku

REVENUE STREAMS

Penjualan produk coffee talk ekspresso dll

Kunjungan wisata ke lahan kopi, petani kopi, dan middle man

Kunjungan wisata ke tempat produksi kopi siap konsumsi

6. ANALISIS PESAING

Dilihat dari lokasi usaha, belum terdapat pesaing yang menjalankan usaha yang benar-benar sama seperti kami. Namun, untuk bidang usaha yang sama yaitu minuman tentu saja ada seperti minuman dingin, es kelapa, sop buah dll.

Usaha yang sejenis dengan kami belum ada di area kampus esa unggul citra raya, sehingga menjadi peluang bagi kamu untuk meningkatkan jangkauan pemasaran. Usaha kopi yang ada yaitu berupa coffee shop.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAURAN PEMASARAN DAN STP ( SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING)

 B auran pemasaran Produk Beberapa varian rasa yang ditawarkan, yaitu espreso, americano, coffe late, capucino, praffe. kami akan meluncurka...