PENDAHULUAN
1.
LATAR BELAKANG
Kopi adalah minuman hasil seduhan biji
kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah
satu komiditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas
pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan
Kopi Arabika (Coffea arabica).
Para mahasiswa dan pekerja sangat identik
dengan yang namanya suntuk, galau, resah, dan gelisah, baik karena tugas,
organisasi, meeting, dan pihak-pihak lain yang bersangkutan. Saat ini menikmati
kopi tidak hanya merupakan sekedar kebutuhan tetapi sudah menjurus ke arah gaya
hidup yang banyak dijalani oleh para kaum muda maupun kalangan eksekutif,oleh
karena itu saya membuka coffee talk diperuntukan bagi segala kalangan baik
mahasiswa maupun pekerja untuk refreshing
dari penatnya berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai
dengan di temani secangkir kopi merupakan moment yang pas untuk nongkrong dan
berbagi cerita bersama teman, kolega, konsumen, pasangan, dan lain-lain.
Bisnis ini didirikan karena kegemarana dan
kecintaan saya kepada kopi dan nongkrong di coffe shop. Coffe talk yang aka
didirikan di wilayah tangerang sebrang kampus ESA UNGGUL citra raya, dengan
konsep nongkrong hemat, sehat dan bermanfaat. Dengan harga yang bersahabat di
kalangan mahasiswa dan memberikan berbagai fasilitas kepada pengunjung sepeti
fasilitas alat musik, panggung, wifi, ruangan yang nyaman dan bersih dan mini
liblary. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh pengunjung terutama bagi mahasiswa.
Coffee talk didirikan untuk kalangan muda
yang gemar akan berbagai varian kopi dari yang original sampai americano, dan
bagi kalangan muda dan pekerja yang membutuhkan tempat meeting, bersantai,
mengerjakan tugas, maka coffe talk adalah tempak yang sangat di rekomendasikan
dan menjadi solusi dalam memilih tempat.
1.1
Problem
Berdasarkan survey yang saya lakukan Pada saat
ini banyak orang yang menginginkan sebuah tempat nongkrong/ hangout, meeting,
nugas, yang cozy dan sesuai selera mereka, terutama kalangan pelajar dan
mahasiswa. Para mahasiswa identik dengan namanya suntuk,galau, resah, gelisan
baik karena tugas yang numpuk, organisasi, dosen , dan pihak lain yang
bersangkutan. Maka dari pada itu saya membuka coffee talk di rancang untuk
kalangan anak muda dan mahasiswa untuk refreshing dari penatnya berbagai
aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai dengan di temani secangkir
kopi merupakan momen yang pas dan hangat untung nongkrong atau bersantai dan
berbagi keluh kesah bersama teman, pasangan dan lain lain.
1.2
Solution
Maka dari itu saya akan membuat coffe shop dengan
pembuatan yang berbeda agar orang yang menyukai minuman ini tidak merasa bosan
karena banyaknya kalangan masyarakat yang menyukai minuman ini, maka saya akan
berusaha memberikan kualitas danmutu yang baik yang harganya relatif murah bagi
semua kalangan masyarakat. Dengan harga yang bersahabat kedai kopi ini
memberikan berbagai fasilitas khususnya buku bacaan untuk menemani pengunjung
yang gemar membaca baik fiksi maupun non-fiksi. Kami memilih buku sebagai
fasilitas utama dalam perusahaan ini karena mengingat minat baca para anak muda
jaman sekarang ini menurun, dan Kami berharap dengan adanya kedaikopi ini bisa
meningkatkan minat baca Mereka.
1.3
Opportunity
Coffee talk didirikan untuk kalangan muda
yang gemar akan berbagai varian kopi dari yang original sampai americano, dan
bagi kalangan muda dan pekerja yang membutuhkan tempat meeting, bersantai,
mengerjakan tugas, dan membaca buku maka coffe talk adalah tempak yang sangat
di rekomendasikan dan menjadi solusi dalam memilih tempat.
2. analisis
internal dan eksternal
2.1 analisis VRIO
coffe talk
Resources or capability |
valuable |
Rare |
Inimitable |
Organized |
Competitive implication |
Costoumer service |
Yes |
No |
No |
yes |
Temporary advantage |
Selling skill |
yes |
No |
No |
No |
Un used advantage |
Reputation |
Yes |
Yes |
Yes |
yes |
Sustain advantage |
Comitmen |
yes |
yes |
yes |
yes |
Sustain advantage |
2.2 ANALISIS SWOT COFFE TALK
A. strenght ( kekuatan )
Harga terjangkau
Harga terjangkau merupakan
salah satu strategi perusahaan saya penjualan dengan harga terjangkau, harga
yang mampu di raih semua kalangan. Apabila anak sekolah atau mahasiswa yang
mendapatkan uang saku yang terbatas dari orang tua mereka, maka jika mereka
ingin sekedar bersantai atau mengerjakan tugas maka coffee talk adalah tempat
yang tepat karena kami menyajikan minuman dan makanan ringan dengan harga yang
murah sekitar Rp.10.000 sampai Rp.25.000 dan bisa menggunakan fasilitas wifi.
Kualitas produk
Selain harga yang terjangkau
saya pastinya memberikan kualitas yang terjamin dengan baik, sumber bahan baku
yang saya proleh dari produsen kopi dan minum- minuman yang sudah terjamin dari
kesehatan maupun kebersihan produk.
Fasilitas
Kenyamanan konsumen akan di
capai jika fasilitas yang di berikan secara lengkap, maka daripada itu menjadi
prioritas usaha saya. Di coffee talk memberikan fasilitas parkiran yang luas
dan aman, seluruh area coffe talk free wifi, mushola bagi umat muslim yang
ingin menjalankan ibadah shalat kamar kecil secara terpisah untuk perempuan dan
laki laki, rak rak buku, suhu ruangan yang terjaga.
Tempat
Kebersihan coffe talk saya
menjamin kebersihan di setiap sudut lokasi, karena coffe talk mempunya moto kebersihan
sebagian dari pada iman. Dan service kebersihan meja yang cepat sehingga tidak
menggangu konsumen lain yang sedang menikmati kopi dan makanan mereka.
Pelayanan
Kepuasan konsumen merupakan
prioritas kami. Dengan service whit love kami akan menjamin kualitas pelayanan
kami dalam menyediakan produk harus rapih, bersih, cepat, tepat dan enak. Dan kami
akan selalu berusaha memberikan kepuasan pelanggan meski permintaan nya aneh
aneh.
Lokasi
Saya memilih tempat di
wilayah tangerang lokasi sebrang kampus esa unggul citra, yang mana lokasi ini
cukup strategis, akses tranfortasi umum,mudah di temukan, dan ramai dengan
aktifitas mahasiswa.
b. weaknes ( kelemahan )
keadaan
bahan baku
banyaknya bahan baku makanan
yang kurang berkualitas dari kesehatannya, maka saya harus selalu menyeleksi
bahan baku yang akan saya gunakan untuk kualitas produksi saya. Pada saat ini
banyak orang yang mementingkan diri sendiri dengan cara menipu orang lain untuk
mendapatkan untung yang sebesar besarnya sehinggan menyulitkan saya untuk
mendapatka produsen bahan baku yang berkualitas.
c. oportunities ( peluang )
·
banyaknya pecinta kopi di kalangan masyarakat
khususnya kalangan mahasiswa dan anak muda.
·
Tingginya tingkat konsumsi berbagai jenis kopi.
·
Permintaan pasar yang terus meningkat
·
Perkembangan teknologi informasi
·
Belum banyak kedai kedai kopi di area sekitar
·
Kopi ala caffe sedang tren
d. threats ( ancaman )
ancaman atau hambatan yang
dapat membuat coffe talk ini tidak berhasil seperti para kompetitor dimana akan
ada banyak coffe shop yang akan di bangun dengan harga, menu minuman dan menu
makanan yang bersaing.
1. variant menu/rasa
2. harga
3.management
4.kualitas kopi
2.3 analysis PEST coffe talk
Political
·
Stabilitas pemerintah
·
Birokrasi
·
Regulasi
·
Kebijakan pajak
Economic
·
Tingkat pertumbuhan
·
Inflasi
·
Nilai tukar
·
Cuaca
sosial
·
Kesadaran kesehatan
·
Tingkat pendidikan
·
Sikap terhadap kualitas pelayanan terhadap
konsumen
Technological
·
Perubahan teknologi
·
Penetrasi internet
·
UU tentang teknologi
·
Infrastruktur teknologi
3. ANALISIS KONSUMEN COFFE TALK
3.1 STP
SEGMENTASI
Dalam
segi demografis untuk kopi ini sendiri sudah banyak sekali peminatnya tetapi
kedai kopi ini berbeda, mungkin jika para pencinta kopi sudah bosan dengan
suasana ngopi disini kami menyediakan tempat yang berbeda dan kami menyediakan
buku gratis untuk dibaca . dalam segi demografis saat ini mungkin akan membuat
satu kedai kopi tapi setelah itu saya akan memperluas cabang kedai kopi ini
untuk di daerah daerah besar agar para pencinta kopi bisa menikmati dan
merasakan kenyamanan dalam meminum kopi.
TARGETING
target konsumen
target pasar untuk coffe talk ini adalah semua
kalang yang mencintai nikmatnya rasa kopi mulai dari pelajar, mahasiswa,
pekerja kantoran. semua kalangan bisa meminum coffe ini karna kita akan racik senikmat
mungkin.
Target pasar
Target pemasaran saya adalah tahap
awal kami akan menargetkan pasar di area kampus. Area kampus dipilih karena
dosen serta mahasiswa umumnya pada jam kuliah siang sudah tidak terlalu
bersemangat seperti saat pagi hari. Selain itu, dengan berbagai macam tugas
terkadang membuat mahasiswa membutuhkan kopi untuk membantu agar tidak
mengantuk. Kemudian masyarakan
umum dari menengah kebawah sampai menengah keatas karna disini kami ingin
memanjakan para pencinta kopi dengan rasa yang nikmat tentu juga hemat. Karena di
coffe shop saya menyediakan beberapa ukuran gelas yang kami sajikan mulai dari
small, medium sampai large. Harga untuk menu kopi saya mulai dari Rp. 10.000 dengan
ukuran small, Rp. 15.000 untuk ukuran medium dan Rp. 20.000- 30.000 untuk
ukuran large.
Target promosi
Seiring dengan majunya perkembangan jaman dan meningkatnya
jumlah pengguna internet di berbagai belahan dunia, tentunya kami akan
memanfaatkan facebook, twitter, dan YouTube untuk memperkenalkan brand produk atau
merek coffe shop kami di dunia maya. Dan juga kami akan mengadakan sebuah
kompetisi melalui situs jejaring sosial. kompetisinya adalah kami tantang
konsumen untuk berlomba-lomba menjadi yang pertama dalam memposting foto menu
minuman yang ada di tempat kami pada Twitter dengan mencantumkan nama kedai
kopi kami pemenangnya akan kami beri gratis minum kopi di coffe shop kami.
Position
Nongkrong hemat,
nikmat tapi sehat. Yang artinya para consumen bisa nongkrong dan bersantai
dengan merasakan nikmatnya kopi tanpa haruh mengeluarkan budget yang mahal
tetapi bermanfaat bagi kesehatan juga tidak hanya itu konsumen pun akan
mendapatkan fasilitas free wifi, live music dan memberikan buku bacaan yang
dapat menghilangkan rasa penat setelah melakukan aktifitas.
3.2 CUSTOMER PERSONA
Target usaha kami merupakan masyarakat umum, mahasiswa, dan staf kampus esa
unggul. Dari tujuan target pasar kami mempunyai masalah atau kendala pada
tempat yang nyaman untuk bersantai atau menyelesaikan tugas, maka dari pada itu
saya memberikan solusi dari permasalahan yang di alami oleh target pasar saya
dengan coffe talk tempat yang dapat memberikan suasana santai dan nyaman untuk mengerjakan
tugas.
Berikut customer persona coffe talk
3.3 EARLY ADOPTER
Karakterristik pelanggan baru adalah sangat rentan yang artinya sangat
berpengarus pada minat pasar kami, maka dari pada itu saya akan selalu
memberikan pelayanan dan fasilitas yang terbaik dari crew kami,
4. COSTUMER VALUE PROPOSITION
Di Coffe talk value yang kami berikan kepada pelanggan berupa kesenangan,
kenikmatan, kemudahan dan kenyamanan
5. LEAN MODEL
CANVAS COFFE TALK
KEY PARTNERS
Petani kopi area bogor
Middle man(pengepul) kopi
Pemilik toko oleh-oleh dikota
bogor
Bake-shop
KEY ACTIVITIES
Pembelian hasil panen kopi dari
petani/middle man kopi
Pemilihan buah kopi
Pengolahan menjadi produk
setengah jadi dan produk siap
KEY RESOURCES
Modal Finansial
Bahan baku
Tenaga Kerja(SDM)
Store
Alat pengolahan
VALUE PROPOSITIONS
Produk murni
Memiliki ciri khas rasa yang berbeda
Harga bersaing
Memberikan efek rileks
Peracikan produk baru
Penyuguhan suasana baru dan unik
Mini liblary
CUSTOMER SEGMENTS
Remaja milenial
Mahasiswa
Pekerja kantor
Wisatawan lokal
Masyarakat lokal dan perkotaan
Pecinta kopi
Dosen
CUSTOMER RELATIONSHIP
Diskon dan promo
Membership card
CHANNELS
E-commerce
Media social Instagram, Twitter, dan you
tube)
COST STRUCTURE
Bahan baku
Upah pegawai
Budget live music
Proses pengolahan produk
Biaya marketing
Biaya kemasan dan packaging
Biaya operasional
Biaya pembaruan buku
REVENUE STREAMS
Penjualan produk coffee talk
ekspresso dll
Kunjungan wisata ke lahan kopi,
petani kopi, dan middle man
Kunjungan wisata ke tempat
produksi kopi siap konsumsi
6. ANALISIS
PESAING
Dilihat dari lokasi usaha, belum terdapat pesaing yang menjalankan usaha
yang benar-benar sama seperti kami. Namun, untuk bidang usaha yang sama yaitu
minuman tentu saja ada seperti minuman dingin, es kelapa, sop buah dll.
Usaha yang sejenis dengan kami belum ada di area kampus esa unggul citra
raya, sehingga menjadi peluang bagi kamu untuk meningkatkan jangkauan
pemasaran. Usaha kopi yang ada yaitu berupa coffee shop.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar